Take a fresh look at your lifestyle.

Petani Sawah di Kecamatan Asparaga Tetap Produktif Saat Musim Kemarau

LIMBOTO – Sawah di Kecamatan Asparaga masih tetap produktif meskipun musim kemarau yang berdampak pada lahan pertanian di Kabupaten Gorontalo. Mayoritas para petani mensiasati kebutuhan air untuk persawahan dengan mengunakan pompa air yang diperoleh dari pemerintah kabupaten Gorontalo.

“Saya bangga sekali datang kesini karena petani di Asparaga masih semangat memproduksi padi walaupun musim kemarau. Ditempat lain tidak ada air, tapi disini banyak air mengairi sawah,” Kata Nelson saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Asparaga, Jumat (06/09/2019).

Pada musim kemarau menurut Nelson kebutuhan air masih mencukupi untuk lahan persawahan dikecamatan tersebut.Jika debit air berkurang maka petani menggunakan alat pompa air atau alkon dari bantuan pemerintah untuk mensuplai air ke sawah.

Nelson mengungkap dari data dinas pertanian dan perkebunan Kabupaten Gorontalo, potensi sawah lahan basah di Kecamatan Asparaga mencapai 830 hektare. Hal itu menunjukan para petani sawah di wilayah setempat cukup besar memproduksi padi.

“Semoga para petani bisa memajukan pembangunan di Kecamatan Asparaga. Kita akan terus dorong dengan memberi bantuan mulai dari benih dan alat-alat pertanian,” harap Nelson. (Adv)

Comments are closed.