Take a fresh look at your lifestyle.

Dewan Riset Daerah Gelar FGD Potensi Pengembangan Kawasan Geopark di Provinsi Gorontalo

LIMBOTO – Dewan Riset Daerah mengelar Focus Grup Discussion (FGD) potensi pengembangan kawasan geopark di Provinsi Gorontalo,Senin (19/08/19) di Pentadio Resort, Telaga Biru. Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo turut menjadi salah satu narasumber pada kegiatan yang mengusung tema ” Peluang dan langkah Strategis Menuju Penetapan Kawasan Geopark Kaldera Danau Limboto sebagai salah satu Destinasi Agrowisata di Gorontalo”.

Dalam rilis yang diterima redaksi pojok6.com, FGD  yang dilaksanakan oleh Dewan Riset Daerah ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pemerintah daerah provinsi,kabupaten dan kota serta semua stakeholders yang terkait untuk memperkuat komitmen pemangku kepentingan sekaligus mensosialisasikan tahapan-tahapan pembentukan kawasan Pengembangan Potensi Geopark di Provinsi Gorontalo.

Danau Limboto memiliki tiga keunikan yakni tempat ini  terhubung dengan laut, habitat ikan dan burung migran dan terdapat panas bumi (Geothermal) dan muara bagi 23 sungai. Dengan mempertimbangkan keunikan tersebut maka perlu dikembangkan sebagai Kawasan Geopark yang merupakan cerminan kekayaan berupa keanekaragaman hayati. Disamping itu pula, keberadaan Danau Limboto tidak terlepas dari kegiatan sosial budaya masyarakat Gorontalo.

Tujuannya, menjaring informasi hasil-hasil penelitian dan kajian sebagai komponen yang mempunyai daya ungkit untuk pengembangan Kawasan Geopark Kaldera Danau Limboto,mensosialisasikan potensi sumberdaya alam dan sosial budaya dalam rangka pengembangan Kawasan Geopark Kaldera Danau Limboto, Memformulasikan arah dan kebijakan yang dapat ditindaklanjuti untuk pengembangan Kawasan Geopark Kaldera Danau Limboto.

Hasil diharapkan bisa terhimpunnya hasil-hasil penelitian dan pengkajian yang memiliki daya ungkit untuk pengembangan Kawasan Geopark Kaldera Danau Limboto, tersebarnya informasi tentang potensi sumberdaya alam dan sosial budaya Gorontalo untuk mendukung pengembangan Kawasan Geopark Kaledra Danau Limboto, rekomendasi hasil FGD kepada pemangku kebijakan dan stakeholders dalam rangka pengembangan Kawawan Geopark Kaldera Danau Limboto.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk  Fokus Group Diskusi  yang melibatkan pakar dibidang Geologi, sumbe daya alam dan sosial budaya serta unsur pemerintah sebagai narasumber.

Peserta kegiatan ini terdiri dari,  Pengurus Dewan Riset Daerah (DRD),Bapppeda,Dinas Pariwisata,Dinas pertanian,Dinas Perikanan dan Kelautan,Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Se-Provinsi Gorontalo,Burung Indonesia,BKPSDA,Balai TN Bogani Nani Wartabone,BWS Sulawesi II,Perguruan Tinggi,Swasta dan Masyarakat.(Adv)

Comments are closed.