Take a fresh look at your lifestyle.

SOPAN Jadi Materi Utama Diklat Ormas Oi, Apa Itu?

GORONTALO – Salah satu kegiatan dalam Jambore Celebes ke-3 yang dilaksanakan Pentadio Resor, Kabupaten Gorontalo adalah pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Orientasi Ormas Oi. Diklat ini bertujuan untuk menyampaikan sejarah berdirinya Ormas Oi, yang tahu ini sudah berusia 20 tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Departemen Pendidikan dan Latihan Badan Pengurus Pusat (BPP) Oi, Saefulah Ramadhan, saat ditemui disela-sela kegiatan Jambore Celebes, Sabtu (17/8/2019).

“Dalam pelaksanaan Diklat itu, kami menyampaikan sejarah berdirinya Oi. Karena ada teman-teman yang belum mengetahui sejarahnya Oi, yang pada tahun ini sudah 20 tahun berdiri,” kata Epol, sapaan akrabnya.

Dalam Diklat tersebut, lanjut Epol, para anggota menerima 5 pilar untuk menjadi anggota Ormas Oi, yang disebut SOPAN.

“Ada 5 pilar yang kami ajarkan, yakni Seni, Olahraga, Pendidikan, Akhlak, dan Niaga, yang disingkat SOPAN. Jika belum bisa melaksanakan kelima pilar tersebut, paling tidak anggota Oi bisa sopan kepada diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan alam semesta,” ungkapnya.

Epol juga berharap, tema Jambore Celebes kali ini bisa terus diaplikasikan dalam keseharian para anggota Ormas Oi. “Tema kegiatan ini kan Dari Timur Untuk Nusantara, Karena Kita Adalah Saudara. Itu saya harap bisa terjadi dalam keseharian para anggota Oi,” tutupnya. (idj)

Comments are closed.