Take a fresh look at your lifestyle.

PMI Kota Gorontalo Selenggarakan Donor Darah di City Mall

GORONTALO – Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Gorontalo menggelar donor darah di City Mall Gorontalo. Kegiatan yang dipusatkan di City Mall itu untuk memperingati hari donor darah internasional pada 14 Juni dan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Komisi Penanggulangan Aids, Senin (24/06/2019).

Yana Yanti Suleman selaku ketua UTD PMI Kota Gorontalo menjelaskan bahwa, kegiatan donor darah diselenggarakan sejak pukul 10.00 Wita hingga malam pukul 22.00 Wita, hal itu dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat yang sukarela mendonorkan darahnya.

“Biasanya makin sore makin ramai. Karena kalau jam bagini orang masih kerja, Kalau sore orang semakin ramai itulah yang kami harapkan” Kata Yana.

Selain itu dia menjelaskan bahwa darah yang akan dipasok, darah akan melalui proses pengecekan atau proses screening (Penyaringan) kembali, seperti pengecekan penyakit HIV, hepatitis B, hepatitis C dan Civilis. sebelum darah itu digunakan kepada pasien.

“Karena sebelum darah itu diberikan kepada pasien dirumah sakit. Kami akan selalu screening terhadap 4 macam penyakit” kata Yana.

Dia menambahkan, setelah melalui proses penyaringan lanjutan dan bebas dari 4 penyakit, darah dapat dipasok untuk persediaan kebutuhan darah di Gorontalo.

Selain itu juga dia menjelaskan, dalam kegiatan donor darah, masyarakat yang mendonorkan darah di PMI dipastikan tidak mengidap HIV dan tidak menggunakan narkoba. Selain itu pendonor aktif melakukan pengendalian HIV.

“Karena pasti kalau pengguna narkoba, dia pasti jadi tidak sehat, karena yang namanya pendonor dia harus sehat.” dia memungkasi. (KT05)

Comments are closed.