Take a fresh look at your lifestyle.

Kronologi Tewasnya Warga Asing Usai Menambang Emas di Gorontalo Utara

GORONTALO – Kecelakaan kerja di bekas tambang emas rakyat terjadi di desa Ilangata Barat,Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara terjadi pada hari minggu (12/05/2019) kemarin. Dalam peristiwa nahas itu satu warga negara asing (WNA) dipastikan menjadi korban tewas.

Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri Cahyono mengungkapkan WNA asal china diketahui bernama Yang Hechuan (30)  tewas setelah diduga menghirup kandungan zat asam saat tengah berada didalam lubang tambang.

“Yang Hechuan meninggal di rumah sakit umum daerah Umar Sidiki Gorontalo Utara” kata AKBP Wahyu, Senin (13/05/2019) .

Ia menjelaskan awalnya korban Yang Hechuan bersama 4 rekannya warga lokal melakukan aktivitas menambang di lokasi bekas tambang rakyat. Korban selanjutnya memilih masuk terlebih dahulu kedalam lubang sedalam 20 meter sedangkan 4 rekannya bertugas diluar lubang.

“Setelah beberapa lama waktunya. ini 4 temannya ini  curiga. kok kenapa si korban tidak kunjung datang” ujar AKBP Wahyu.

Ia  menambahkan karena curiga, salah satu rekan korban Muslim Blongkod memutuskan untuk turun ke lubang tambang untuk memastikan keadaan korban. Namun saat keluar, Muslim dalam keadaan merangkak karena lemas dan diduga menghirup zat asam dalam lubang tambang.

Kedua korban , Yang Hechuan dan Muslim akhirnya berhasil dievakuasi dari dalam lubang tambang dengan dibantu warga setempat dan sempat dibawa ke puskesmas Anggrek sebelum kemudian dirujuk di Rumah Sakit Daerah Zainal Umar Sidiki untuk mendapat perawatan.

“Kedua korban dirujuk ke Rumah Sakit Zainal Umar Sidiki dan korban warga asing itu, Yang Hechuan tidak bisa bertahan yang akhirnya meninggal dunia” ia memungkasi. (KT-05)

Comments are closed.