Take a fresh look at your lifestyle.

BPOM dan Dikes Kabgor Uji Sampel Takjil Buka Puasa

LIMBOTO – Untuk menjamin masyarakat agar mendapatkan hidangan berbuka puasa yang layak dan sehat maka Balai Pengawasan Obat dan makanan (BPOM ) Gorontalo bersama dinas Kesehatan kabupaten Gorontalo sidak dan melakukan uji sampel takjil buka puasa di lokasi taman Pakaya Tower, Limboto, Senin (13/05/2019).

Kepala BPOM Gorontalo Yudi Noviandi mengatakan uji sampel itu untuk melakukan pengawasan terhadap jajanan takjil menjelang buka puasa khususnya daerah seputaran Pakaya Tower Limboto.

“Jadi, kita ingin mengetahui langsung produk atau makanan yang dijual itu, adalah aman untuk dikomsumsi oleh masyarakat Kabupaten Gorontalo, “ Kata Yudi.

Yudi berharap semua yang dijual bebas dari bahan berbahaya baik itu formalin, rodamin dan lain-lain dan aman tidak tercemar  mikroba-mikroba.

“Sample sementara di uji dan sebentar lagi ketahuan,apakah produk –produk di sample tadi itu, aman atau tidak,” Ungkapnya.

Ia menambahkan yang menjadi sampel merupakan makana yang diduga terdapat pewarna makanan seperti mie,minuman berwarna,olahan daging.

Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir menambahkan kegiatan seperti ini memang setiap tahun menjelang puasa bekerjasama dengan BPOM Gorontalo untuk melakukan sidak pemeriksaaan jajanan takjil buka puasa.

“Higenisitas makanan penting untuk menjaga berbagai keluhan yang tidak diinginkan, seperti diare dan sebagainya. Oleh karena itu, teman-teman disamping mengambil sample juga memberikan penyuluhan-penyuluhan bagaiaman cara penyajian jualan-jualan makanan tersebut, “ Ujarnya. (Adv- KT03)

Comments are closed.