Take a fresh look at your lifestyle.

Masuki Masa Tenang Pemilu, Forum Rembug Gelar Diskusi

Gorontalo – Memasuki masa tenang jelang Pemilu serentak 2019, forum rembug yang digagas oleh penggiat demokrasi, media massa bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Provinsi Gorontalo, menggelar diskusi terbuka yang dihadiri langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Sabtu, (13/4/2019),di Warung Up Normal, Kota Gorontalo.

Dalam diskusi yang turut dihadiri oleh Wakapolda, Kasrem, ketua KPU, Bawaslu, Sekdaprov Gorontalo serta pimpinan OPD dilingkup Pemprov ini, Rusli mengungkapkan forum rembug adalah salah satu upaya penting dalam hal menghadapi pemilu serentak. Terlebih jika dihitung sejak malam ini, pemilu serentak tinggal menghitung hari (H-3).

“Karena besok juga sudah memasuki masa tenang, tidak ada lagi kampanye dan lain sebagainya. Jadi hari ini kita berdiskusi saja, tidak ada arahan, tidak ada petunjuk, semua berdiskusi lepas. Kita bahas apa saja, kita bahas hal hal yang paling penting,” kata Rusli mengawali diskusi.

Lebih lanjut Rusli menambahkan dalam diskusi ini diharapkan semua pihak menyampaikan kesiapan pemilu terlebih KPU dan Bawaslu. Ia juga mengharapkan diskusi ini harus bisa menghasilkan pedoman sikap untuk bagaimana menghadapi pemilu serentak yang baru pertama kali digelar di Indonesia, dimana memilih Presiden dan Wakil Presiden serta memilih anggota legislatif diselenggarakan secara bersamaan.

“Kalau saya nilai alhamdulillah sejauh ini pihak KPU dan Bawaslu kinerjanya sudah sangat profesional dan proporsional. Buktinya ada beberapa caleg yang melanggar aturan langsung dicoret, itu mendandakan mereka tegas dan tidak pandang bulu. Jadi semoga kesuksesan ini akan berlanjut sampai pada partisipasi masyarakat nanti pada 17 april saya targetkan 80 persen,” tambahnya.

Sementara itu ketua Forum Rembug Femy Udoki menyampaikan diskusi ini sudah dilaksanakan sebanyak dua kali dalam rangka menghadapi pemilu serentak, yang pertama dihadiri oleh Wakil Gubernur yang membahas kesiapan awal dan sekarang di hadiri oleh Gubernur untuk membahas kesiapan akhir jelang pemilu serentak

“Forum ini sudah terbentuk sejak lima tahun yang lalu. Kami juga membentuk grup whatsapp di dalamnya ada penggiat demokrasi, media massa, ada ASN, ada orang partai politik. Tetapi forum ini tidak boleh berkampanye, kami hanya membahas kesiapan kesiapan jelang pemilu. Isu isu yang ada diluar kemudian kita bawah kesini kita diskusikan bersama dan alhamdulillah dihadiri oleh Pak Gubernur,” paparnya.

Berdasarkan data dari KPU Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Gorontalo 813.488 jiwa dengan jumlah TPS sebanyak 3364 se Kabupaten / Kota. Terkait kesiapan logistik surat suara, akan dilaksanakan mulai besok, yang dikhususkan untuk wilayah wilayah yang jauh, seperti Pinogu. (adv)

Sumber: Humas Pemprov Gorontalo

Comments are closed.