Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Gorut Sambut Baik Rencana Pembangunan Pangkalan Bakamla

Dari Audience Pemda Gorut dengan Bakamla

Gorontalo Utara – Tak lama lagi Kabupaten Gorontalo Utara akan segera memiliki Pangkalan Badan Keamanan Laut (Bakamla), yang rencananya akan ditempatkan di wilayah Kecamatan Anggrek, Gentuma Raya, dan Ponelo Kepulauan.

Hal tersebut terungkap setelah perwakilan Kepala Bakamla Zona Maritim Tengah, Izudin beserta jajaran melakukan pertemuan bersama Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Kamis (14/3/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Indra Yasin memaparkan letak strategis dan potensi wilayah Gorut yang hampir 70 persen lebih adalah perairan. Bupati Indra juga menjelaskan tujuan pertemuan ini adalah sebagai permohonan awal Bakamla, terkait lokasi pembangunan Pangkalan Bakamla Gorontalo Utara.

“Diantara seluruh kecamatan di Gorontalo Utara, ada 3 kecamatan yang dinilai strategis untuk menjadi lokasi pembangunan pangkalan ini, yakni Kecamatan Anggrek, Ponelo Kepulauan, dan Gentuma Raya,” kata Indra.

Dipilihnya ketiga wilayah tersebut, kata Indra, karena tiga wilayah tersebut berhadapan langsung dengan perairan Laut Sulawesi.

“Akan tetapi kita meminta kepada pihak Bakamla untuk meninjau ketiga lokasi ini, sehingga diketahui mana yang benar-benar strategis diantara ketiga itu,” jelas bupati dua periode itu usai pertemuan.

Sementara itu, mewakili Kepala Bakamla Zona Maritim Tengah, Kolonel Laut (P) Izudin menambahkan bahwa sebelum mengajukan pemohonan pembangunan pangkalan di Gorontalo Utara, pihaknya juga telah mengajukan permohonan yang sama kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Kita ketahui bahwa zona maritim tengah ini, wilayahnya cukup luas. Sehingga pangkalan-pangkalan ini sangat diperlukan sebagai lintas patroli, itu salah satunya. Alhamdulillah pak bupati memberi respon yang sangat baik, Sehingga ini bisa kita tindak lanjuti bersama,” kata Izudin.

Pembangunan Pangkalan Badan Keamanan Laut (Bakamla) ini membutuhkan lahan seluas 3 hektare, sehingga baik pihak Bakamla maupun pemerintah Gorut masih akan meninjau lokasi mana yang layak dan cocok untuk dibangun pangkalan tersebut. (adv/rls)

Comments are closed.