Take a fresh look at your lifestyle.

Tinjau Lokasi Banjir Di Monano, Thariq Ungkap 4 Strategi Tangani Banjir

Thariq Berharap Partisipasi Masyarakat Dalam Menjalankan Startegi

Gorontalo Utara – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara telah menyiapkan 4 strategi dalam menangani masalah banjir. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Thariq Modanggu, usai meninjau lokasi yang terkena dampak banjir di Kecamatan Monano bersama sejumlah OPD, Kamis (10/1/2019).

Thariq menjelaskan, selain melibatkan beberapa dinas/badan, keempat strategi yang akan dilakukan juga pastinya membutuhkan partisipasi masyarakat. “4 strategi dalam menangani masalah banjir diantaranya, melalui BNPB, itu sudah dilakukan pengusulan dan analisa data lebih awal ke Kementrian pusat. kedua, karena soal existing yang berkaitan dengan posisi mangrove maka melalui Badan Lingkungan Hidup(BLH), dan kadisnya sudah menyiapkan kajian agar alat bisa masuk di sini,” kata Thariq.

Ia menambahkan, strategi ketiga yakni dengan pembuatan tanggul-tanggul dan pelebaran sungai, yang pembuangannya dijadikan penahan. “Dan terakhir atau keempat, kami akan memberi pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang penghijauan,” ungkap Wabup Thariq.

Penanganan banjir, lanjut Thariq, bukan hanya pembuatan tanggul saja tapi juga perlu komperhensif dari keempat skenario itu. Thariq berharap, kedepannya keempat strategi yang telah dibuat bisa segera ditindaklanjuti dan berjalan sesuai rencana. (rls/idj)

Comments are closed.